Electric Scooter for Kids Sparks Nevada

Electric Scooter for Kids Sparks Nevada

IPS Apa yang dimaksud dengan ketampakan alam, sebutkan bentuk ketampakan alam indonesia dan ciri cirinya​

Apa yang dimaksud dengan ketampakan alam, sebutkan bentuk ketampakan alam indonesia dan ciri cirinya​

Jawaban:

Kenampakan alam adalah segala sesuatu di alam yang merupakan hasil dari peristiwa alam, dan bukan merupakan akibat aktivitas manusia.

Kenampakan alam yang dimiliki Indonesia adalah gunung, pegunungan, sungai, danau, selat, teluk, tanjung, pulau, kepulauan, hutan, dasar laut, dan palung.

Jawaban:

Kenampakan Alam Indonesia

Wilayah Indonesia terdiri dari kenampakan alam yang beragam. Kenampakan alam adalah segala hasil peristiwa alam yang tampak di permukaan bumi. Kenampakan alam tersebar di wilayah perairan dan juga wilayah daratan.

Contoh kenampakan alam di wilayah perairan adalah sebagai berikut:

1. Laut

Laut adalah kumpulan air asin yang memisahkan daratan yang satu dengan lainnya. Pulau-pulau di Indonesia dikelilingi oleh laut yang luas. Terdapat juga laut sempit di antara dua pulau yang disebut selat. Misalnya, Selat Sunda yang berada di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Laut dimanfaatkan oleh manusia sebagai tempat mencari ikan, olahraga air, serta sarana transportasi antarpulau.

2. Sungal

Sungai adalah aliran air yang panjang dan besar yang berada di daratan. Aliran sungai mengalir dari hulu (pegunungan) ke hilir (muara). Sungai biasanya dimanfaatkan sebagai irigasi lahan pertanian, pertambakan, dan sarana olahraga air.

3. Danau

Danau adalah cekungan luas yang digenangi air. Danau alami terbentuk melalui dua cara, yaitu akibat pergeseran dasar bumi atau kawah gunung yang terisi oleh air hujan (danau vulkanik). Danau dapat dimanfaatkan sebagai sarana olahraga dan budi daya ikan air tawar.

Contoh kenampakan alam di wilayah dataran adalah sebagal berikut:

1. Dataran tinggi

Dataran tinggi adalah daratan luas yang memiliki ketinggian 200-600 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi biasanya memiliki udara yang sejuk, sehingga dimanfaatkan sebagai tempat peristirahatan. dan tempat wisata. Selain itu, dataran tinggi juga dimanfaatkan untuk kegiatan perkebunan teh,

2 Dataran rendah

Dataran rendah adalah hamparan tanah luas yang memiliki ketinggian 0-200 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah memiliki ketinggian yang merata sehingga memudahkan masyarakat untuk beraktivitas. Oleh sebab itu, dataran rendah biasanya dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan masyarakat. Dataran rendah juga dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, perkebunan, dan perindustrian.

Tanaman padi banyak

dibudidayakan di dataran rendah.

3. Pantai

Pantai adalah dataran yang berbatasan langsung dengan lautan. Pantai memiliki tanah yang landal dan berupa pasir. Akan tetapi, ada juga pantai berupa tebing terjal dan curam. Indonesia memiliki banyak wilayah pantai karena merupakan negara kepulauan. Pantai biasanya dimanfaatkan sebagai objek wisata, tambak garam, pemukiman nelayan, atau pelabuhan.

Penjelasan:

jadikan jawaban tercerdas

[answer.2.content]